Senin, 05 Januari 2009

Sharing Fastnet di rumah

Gimana cara sharing internet di rumah yg berlangganan FirstMedia atau sering disebut Fastnet ? Emang enak kalau ogut bilang langganan fastnet, ambil yang 384 Kbps aja udah puas, gimana yang diatasnya heuheu.. Download cepet,browsing kenceng,streaming pun jadi makanannya, dan soal harga mungkin masih mahal kalau menurut kang Onno W.Purbo dan ogut pun setuju sama beliau kalau harga internet di Indonesia ini sebenarnya masih bisa lebih murah lagi.


Ok, lanjut..
Pada saat kita berlangganan fastnet di rumah, kita mendapatkan modem dari pihak fastnet'nya dengan berbeda-beda cara mendapatkan modemnya (Tergantung dari paket yang kita ambil), nah setelah koneksi modem dan penyettingan yang dilaksanakan pihak fastnet selesai, kita sudah bisa menikmati "indahnya dunia maya" :D. Tapi justru pertanyaan timbul waktu ogut lagi asik browsing, dan mau ngeshare internet tersebut ke komputer lain, biar keluarga dan teman-teman tentunya bisa main internet di rumah juga. Anehnya, waktu ogut colokin komputer lain ke modem (komputer yang bukan pertama kali konek internet saat instalasi) internet gak mau jalan.. LOH, KNP NIH?? pas balikin ke laptop awal, ternyata gak masalah tuh internetnya. Usut punya usut ternyata pihak fastnet hanya mendaftarkan MAC ADDRESS komputer pertama yang terkoneksi ke internet, dan pastinya mereka punya alasan sendiri untuk melakukan hal tersebut. Tapi gimana sama kita yang emang butuh buat ngoprek yang bukan hanya di 1 komputer aja??.

Ternyata memang sudah cukup banyak caranya juga di internet, yang mungkin kurang puas juga dengan hal yang dilakukan pihak fastnet tersebut (termasuk saya nih disini). Langsung aja deh, untuk ngakalin hal diatas, yang kita perlukan disini adalah wireless router, biar bisa sekalian bikin hot spot di rumah ;).

Saya sendiri di rumah menggunakan wireless router merk Linksys, yang dilengkapi dengan fasilitas clone mac address :D, ini yang kita butuhkan.Topologi sebelum menggunakan Wireless router adalah :

modem <-- PC setelah menggunakan wireless router : modem <-- Linksys (wireless router) <-- PC Berikut langkah2nya : 1. Colokkan PC ke Linksys (jangan di port internet ya) dan samakan IP nya lalu buka browser dan login ke http://192.168.0.1 atau 192.168.1.1 login dengan username:(kosong) password:admin 2. Setup - Basic Setup Internet Setup pilih yang Automatic Configuration - DHCP, Network Setup Router IP 192.168.1.1 Network Address Server Settings (DHCP) 3. Setup - MAC Address CloneEnable -> tinggal click aja deh clone mac adress disitu, terus simpen.
Lihat dibagian status - router
jika mendapatkan IP dari ISP, maka kita sudah berhasil sampai disini ;)

4. Colokkan kabel RJ 45 dari modem ke port internet yang ada di Linksys.

sisanya untuk settingan wireless silahkan di isi sesuai dengan kebutuhan aja, sekalian di oprek2 ;).

udah beres deh, kita dah bisa sharing internet dengan fastnet + udah bisa hot spot kan di rumah :D.

Good Luck ;)

2 komentar:

Hanandha Agni mengatakan...

Ane hanya mau tambahin nie Gan,
BASIC SETUP
1. DI bagian INTERNET SETUP-NYA pilih automatic cofiguration - DHCP
3. Cari IP, Subnet Mask & Gateway, caranya masuk ke under DOS ketik IPCONFIG ato IPCONFIG/ALL
3.Di bagian NETWORK SETUP-NYA untuk untuk starting IP isi 192.168.1.1
3.Masih di bagian NETWORK SETUP contreng DHCP enable.
4. Isi DNS dari Om Google
8.8.8.8
8.8.4.4
Isi DNS dari Scrubit
207.225.209.66
TERUS DI SAVE SETTING
5. MAC ADDRESS di CLONE
6. INI YANG PALING PENTING ..... Bro ....
7. Masih di Bagian SETUP di TAB ADVANCE ROUTING ----
OPERATING MODE-NYA pilih GATEWAY
8. ISI DESTINATION LAN IP
192.168.1.0
SUBNET MASK
255.255.255.0
DEFAULT GATEWAY
118.132.157.1
(yg didapat dari IPCONFIG di UNDER DOS)
9. INTERFACE pilih LAN & WIRELESS
10. SAVE SETTING
11. BUKTIKAN KECEPATANNYA..........
SUUAANGAT CEPAT .........

Begitulah sodara2 pengalaman Ane pake Fastnet,

Semoga bermanfaat....

Merdekaaaa......

aLe - aRdHo mengatakan...

Thanks sob buat tambahannya ;)