Selasa, 08 Juni 2010

Tidung Island

Tidung island,,,,,,, here we comeeeeee :D

Begitu semangatnya kami saat ini menjelang keberangkatan ke pulau tidung yang terletak di daerah kepulauan seribu. Berawal dari keinginan untuk liburan melepas pekat di kota Jakarta yang memang saya sendiri sudah mulai jenuh dengan kepadatannya, kemacetannya dan mungkin keramaian yang membuat kota ini menjadi bisa dibilang sumpek :).

Mulailah muncul ide untuk liburan bersama teman2 di kantor, dan diputuskan kami akan menginjakkan kaki kami ke Pulau Tidung yang memang sedang naik daun saat ini. Setelah persiapan 2 minggu, maka kami putuskan untuk berangkat tanggal 05-Juni-2010 dan kembali ke Jakarta keesokan harinya.

Hari Pertama ( 05-Juni-2010) :
  1. Pukul 06:00 Wib Berangkat dari kantor (yang ternyata ngaret sampai setengah jam lebih karna mesti nunggu si Mex dan sang istri Inam yang telat.. Grrrrrrrrrrrrrrrrrrrr)
  2. Pukul 07:00 Wib Berangkat dari Muara Angke ( Luar biasa wanginya disini, dan ternyata kita gak berangkat sesuai jadwal tuh ternyata, dan masih perlu perjuangan lagi untuk naik ke perahunya)
  3. Pukul 10:00 Wib Tiba di Pulau Tidung (Karna berangkatnya udah ngaret ya sampe di Pulau Tidungnya otomatis juga ngaret :D, yang benar itu kami sampai sekitar pukul 10:50 Wib dan langsung ketemu dengan para guide'nya, berkenalan dan langsung menuju tempat kami menginap yang jaraknya lumayan dari pelabuhan, disusul dengan pembagian kamar untuk wanita dan untuk pria
  4. Pukul 11:30 Wib, kami disiapkan makan siang, dengan lauk ikan dan beberapa tahu tempe, cukup lahap makan di siang itu karna jarak tempuh kami yang memang memakan waktu yang lama menjadikan kami sangat ingin menyantap abis makanan yang disediakan siang itu.
  5. Pukul 12:30 Wib, Kami mulai aksi pertama kami di pulau tidung, dan ini yang kami tunggu2 tepatnya :D. Yups, snorkling di 2 tempat yang berbeda. Menarik, mungkin ini kata2 yang tepat untuk melukiskan keadaan kami saat snorkling, begitu banyak ikan2 kecil dan karang2 yang masih tertata rapi dan bisa kita nikmati pemandangan bawah laut ini. Ditambah perjalanan kami menuju ke tempat snorkling mendapat pemandangan tambah karna bisa melihat gerombolan lumba-lumba berenang di sekitar perahu kami.
  6. Pukul 16:30 Wib, kami tiba di Pulau Tidung Kecil, ditempat ini kami kembali menyantap jajanan yang ada di sekeliling pulau, dan memang waktu yang tepat untuk perut yang sudah kembali lapar sore ini.
  7. Pukul 18:00 Wib, Kembali ke homestay, mandi, bercanda gurau sambil menungu giliran untuk mandi, dilanjutkan makan malam dan tidur.

Hari Kedua (06-june-2010)
  1. Pukul 05:00 Wib, Satu-satu dari kami sudah mulai bangun untuk persiapan melihat sunrise, cukup kecewa pagi ini karna ternyata cuaca tidak bersahabat, dan hujan pun turun disaat kami ingin melihat sunrise yang dijanjikan para guide kemarin.
  2. Pukul 06:20 Wib, hujan pun baru berhenti dan kami bersiap-siap melanjutkan perjalanan kami dengan tujuan semula untuk melihat sunrise di Pulau Tidung Kecil. Setelah sarapan nasi uduk, pagi ini kami akan menggunakan sepeda ke Tidung kecil.
  3. Pukul 07:00 Wib, kami mulai menyebrangi jembatan yang katanya berjarak 1 KM dan berdiri diatas air laut, WOOOW,, jembatan yang luar biasa, disini kita bisa melihat pemandangan yang begitu asik yang membuat kita seolah-olah berdiri di atas laut karna jembatan penghubung ini. Kami memutari pulau tidung kecil yang dipenuhi dengan tanaman bakau, tapi sayangnya sangat banyak sampah ditempat ini yang membuat kami jadi malas berlama-lama disini.
  4. Pukul 09:40 Wib, kami kembali ke penginapan kami untuk mandi dan berkemas-kemas masih dengan menggunakan sepeda yang kami bawa masing-masing
  5. Pukul 12:00 Wib, kami meninggalkan Pulau Tidung dan kembali ke kota yang padat penduduknya tapi tetap kita cintai pastinya, yupsss Jakarta ;)
Beberapa hal yang cukup menarik buat saya pribadi di Pulau Tidung :
  1. Penginapan di rumah warga, dan warganya pun menjamu kami dengan baik.
  2. Karang-karang yang masih bagus dan ikan-ikan yang beraneka ragam jenisnya.
  3. Perputaran uang yang membuat semua penduduk disini mendapatkan hasil dari pendatang yang ada.
  4. Penduduk yang ramah, membuat kita merasa nyaman walaupun kita adalah orang asing bagi mereka.